Ciri Khas Sabung Ayam Siam Yang Tidak Banyak Diketahui

Ayam siam yang berasal dari thailand tepatnya di kerajaan siam. Untuk dapat mengetahui asal – usul dari jenis ayam siam tersebut, hal yang utama adalah menelusuri asal mula dari nama siam tersebut. Siam merupakan sebuah kerajaan di thailand, dari thailand utara hingga timur dan sampai ke perbatasan kerajaan Malaysia dengan perbatasan kerajaan kamboja. http://www.sateayam.net/

Secara umum, ayam jenis siam tersebut merupakan ayam yang berasal dari negeri gajah putih sama dengan ayam Bangkok, lalu mengapa ayam siam tidak terkenal sama seperti ayam Bangkok?

Ayam Bangkok merupakan ayam trah khusus yang dikembang biakkan oleh para ilmuan dari negara thailand yang proses pengembangbiakkan nya tidak lah sembarangan. Pacek dan babon yang digunakan harus trah yang murni sehingga tidak tercampur dengan trah yang lainnya.

Sedangkan ayam siam yang merupakan campuran dari trah ayam Bangkok dengan ayam kampung lokal di daerah itu, sehingga dapat menghasilkan ayam aduan dengan teknik bertarung yang berbeda. Ayam siam saat ini sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Diindonesia sendiri ayam siam disebut juga ayam kampung siam.

Ayam siam merupakan salah satu petarung yang banyak di budidayakan oleh para peternak sabung ayam. Ayam dengan jenis ini dapat berkembang menjadi petarung yang mematikan bila dilatih secara khusus. Untuk kualitas teknik ayam siam dalam bertarung cukup menarik dikarenakan sabung ayam siam akan mengeluarkan berbagai teknik yang bervariasi. Ciri utama dari ayam siam adalah postur tubuh yang kekar dan juga tegap serta memiliki tulangan yang besar. Ayam siam juga mempunyai kaki yang kaut dan stamina yang baik serta tahan lama ketika sedang dalam ring sabung ayam, dikarenakan itulah banyak botoh yang menggemari sabung ayam siam ini.

Keunggulan Sabung Ayam Siam

Sesuai dengan informasi yang telah kami buat, ayam aduan jenis siam ini lebih dominan ke power atau memiliki pukulan yang telak keras dan sangat menyakitkan lawannya. Mempunyai mental baja yang tidak mudah menyerah meskipun tengah dalam kondisi tertekan dan terluka kronis. Ayam tipe ini selalu meneruskan pertarungannya hingga titik darah penghabisan.

Berikut sebagai keunggulan sabung ayam siam saat bertanding di gelanggang sabung sabung ayam. Keunggulan beda dari jenis sabung ayam siam yaitu memiliki tehnik bertanding yang variasi. Hingga jenis sabung ayam aduan ini dapat mencari celah kosong untuk melemparkan pukulan yang keras. Sudah pasti dengan pukulan yang kuat serta keras peluang besar lawannya yang terserang juga akan K.O di arena sabung ayam.

Menurut salah satu botoh di komunitas sabung ayam di Indonesia, ayam Bangkok yang masih muda tidak akan berani beradu dengan ayam siam yang memiliki umur yang lebih tua dari ayam Bangkok tersebut.

Bila kedua ayam tersebut di masukan kedalam ring maka ayam Bangkok muda tersebut akan meronta – ronta dan keluar dari geanggang sabung ayam. Memang hal tersebut tergolong aneh dan tidak masuk akal. Sebaliknya bila ayam Bangkok muda tersebut bila kita hadapkan dengan ayam dengan jenis lainnya maka ayam Bangkok tersebut tidak akan memperdulikan usia dari ayam tersebut dan akan segera melakukan pertarungan di dalam arena sabung ayam tersebut.

Perawatan sabung ayam siam ini termasuk gampang. Untuk lakukan perawatan sabung ayam tipe ini sama dengan sabung ayam bangkok biasanya/sabung ayam aduan yang lain. Umpamanya latihan jajal tarung, mandi jemur, berolahraga fisik, serta spesial pemberian pakannya semakin banyak yang mempunyai kandungan karbohidrat dan protein untuk dapat menyeimbangi tenaga yang di keluarkannya. DIkarenakan pukulan keras ayam tersebut memerlukan tenaga yang besar.  Selain itu ayam siam dikenal juga dengan petarung yang agresif maka dari itu ayam tersebut bakal cepat lelah, jadi asupan gizi nya harus di perhatikan juga.

Comments